Thailand Trip: Bangkok Day 2

 "Travel is more than the seeing of sights; it is a change that goes on, deep and permanent, in the ideas of living" -Miriam Beard
January 15, 2013
 Hari kedua diisi dengan city tour ke situs-situs wisata yang ada di Bangkok. Dari BTS National Stadium yang ada di depan hostel, kita naik Sky Train ke BTS Thaksin 30 Baht. Beli tiket BTSnya pake mesin koin, jadi kalau nggak punya uang koin bisa tuker dulu di loket. Cara menggunakan mesin tiket BTS nya juga gampang,  pilih rute sesuai di peta, masukin koin, abis itu keluar deh tiketnya. 
Keluar BTS Thaksin langsung masuk ke Central Pier Chao Praya Express Boat langsung naik kapal berbendera orange dan bayar di dalem THB 20 ke kondektur yang kayak di bis, lengkap dengan tabung koin nya. Waktu itu perahu nya penuh banget jadi nggak kedapetan duduk tapi lumayan juga ngelihat pemandangan pinggir sungai. Sungainya sih nggak bersih-bersih amat tapi nggak ada sampah. Perahunya juga penuh sama biksu.

 fyi aja, semua sistem transportasi di Bangkok selalu memprioritaskan tempat duduk untuk biksu. Kayak waktu naik bus dari bandara, gue berempat langsung duduk aja di kursi yang kosong dan baru lama kita sadar kalo tempat duduk itu buat para biksu. Nggak ada petunjuk jelasnya sih tapi diatas kepala keliatan gambar biksu gitu dan tulisan thailand jadi jangan salahin kita kalo kita nggak tau. as long as kita nggak ditegur atau nggak ada biksu yang masuk sih sebenernya nggak apa-apa duduk disitu. Bahkan, waiting room di Phuket International Airport juga ada tempat duduk khusus biksu. Karena kita mau ke Grand Palace, kita turun di Tha Chang Pier yang ternyata tempat shooting-nya Running Man Episode 50 di Thailand waktu tantangan cari makanan khas Thailand. Gue sama Pebra langsung seneng banget dan ngetag kalo kita harus makan siang disitu.

Grand Palace
Tempat no.1 yang selalu di rekomendasikan untuk dikunjungi di Bangkok yang merupakan kompleks kediaman raja. Walaupun masuknya dengan berat hati karena tiket masuknya agak mahal (menurut kondisi keuangan gue) seharga 500 Baht.  Tempatnya sih bagus, semua bangunannya mewah dan warna-warni tapi panasnya dan ramenya itu loh gak ketolong banget. Pertama masuk udah rame orang Buddha sembahyang pake bunga, dupa dan lilin di depan pintu masuk. Ada Royal Chapel of the Emerald Buddha tempat orang Buddha sembahyang, di dalemnya ada patung buddha tinggi banget dan full of gold, setiap kayunya dilapisi kain dan lukisan, setiap keramiknya di lukis. Ada miniatur angkor watt juga yang menurut hasil nguping tour guide sebelah, merupakan hadiah gitu deh antara kamboja sama thailand tapi nggak ngerti juga.Waktu ke gap lagi foto-foto di stupa emas yang banyak koin baht di pinggirannya, ternyata di dalem stupa itu ada Buddha si guide bilang "speak to Buddha and you will get luck". Overall, Menurut gue kurang worth it sih soalnya kompleks yang berbayar itu kecil sedangkan yang nggak berbayar lumayan besar. Mungkin juga karena terlalu panas dan capek kita jadinya nggak terlalu mengeksplor Grand Palace lebih jauh. 

Tha Chang Pier
Bahagia banget kesini! disini banyak makanan khas Thailand. Gue makan Shrimp Pad Thai di tempat Nickhun beli Pad Thai. Mbak-mbaknya yg jual juga sama persis sama terus stand nya dikasih poster-poster foto dia sama Nickhun pas di Running Man. Pad Thai nya disini mirip kwetiauw tapi  isinya lebih ke bihun dan tauge gitu rasanya asem. pertamanya sih enak lama-lama agak enek karena porsinya kebanyakan. Gue juga nyobain mango sticky rice berdua sama Pebra harganya 50 Baht. Saking eneknya gue melewatkan kesempatan nggak  nyobain durian yang padahal terlihat enak banget :(

Wat Pho
Dari Tha Chang Pier ke Wat Pho sebenernya bisa naik Chao Praya Express Boat tapi cuma berjarak satu pier dari Tha Chang, yaitu Tha Tien Pier jadinya kita jalan kaki ke Wat Pho. Sepanjang perjalanan banyak penjual kaki lima dagang macem-macem bahkan foto raja pun dijual. Tiket masuk ke Wat Pho 100 Baht dan free air minum. Tadinya gue nggak mau masuk karena sayang duit tapi ya mengingat itu cuma 30.000 akhirnya gue masuk aja. Disini gue juga kenalan sama cewek disamping gue  yang berkali-kali bilang 'khob khun kaa' karena gue kasih tempat duduk, dia ternyata dari China. Kemudian masuklah gue ngeliat buddha segede ruangan tiduran gitu dan butuh 10 menit untuk ngelilingin si Buddha. abis itu karena sayang duit akhirnya kita masuk-masuk ke wat-wat an yang mirip kayak di Grand Palace. Menurut gue untuk kalian yang nggak pengen-pengen amat ke Grand Palace mending ke Wat Pho aja. wat (candi) nya mirip, hampir sama malahan lebih sepi dan tenang jadi puas muterinnya. Bahkan ruangan sembahyang yang kayak Royal Chapel of the Emerald Buddha di wat pho boleh di foto di dalemnya nggak kayak di Grand Palace yang dilarang. lumayan kan tambahan 500 Baht buat belanja di Platinum bisa dapet 3 baju!
Khaosan Road
Abis dari wat pho kita pengen main-main ke Khaosan Road tempatnya para backpacker seluruh dunia berkumpul. Untungnya ada bis yang langsung ke Khaosan Road dari depan pintu gerbang Wat Pho. Nyampe disana udah rame pedagang-pedagang yang udah mulai buka. Sayangnya nggak ada yang jual makanan kayak jangkrik atau belalang goreng padahal pengen nyobain. Sempet nyobain Thai Massage di pinggir jalan cuma THB 120 untuk setengah jam. lumayanlah setelah pegel keliling seharian muterin grand palace dipijet gitu. tapi pijetannya kurang berasa sih sebenernya. 
Setelah itu, kita nyari makan di tempat rekomendasi dari wikitravel yaitu Roti Mataba. Dari Khaosan Road lumayan jauh jalan kaki tapi ngelewatin gang yang berjejer kafe-kafe dengan dekor yang seru dan bagus-bagus banget. kalo di jakarta kafe-kafe kayak gitu cocok banget buat yang pengen makan-makan cantik. Kalau bingung tanya aja orang sekitar Khaosan road mereka tau kok lokasi Roti Mataba yang cukup terkenal. di Roti Mataba, gue pesen roti with india chicken curry. Roti disini semacam roti cane dan mataba yang semacam martabak gitu tapi pake kulit roti cane. rasanya enak banget tapi sayang agak keras dan porsinya kecil. Curry nya enak dan ayamnya lembut banget. Abis itu pulang naik tuktuk karena nggak ada bis yang lewat, yang lucu pas kita manggil tuktuk itu dari seberang jalan dan seketika tuktuknya muter 180 derajat dan voila sampailah dihadapan kita. 
Expenses of the day
7eleven-instant-chicken fried rice THB 32
Air Minum                                   THB 13
BTS NatSatdium-Thaksin            THB 30
Chao Praya Express Boat            THB 20
Grand Palace Ticket                    THB 500
Shrimp Pad Thai                          THB 60
Mango Sticky Rice                      THB 25
Wat Pho Ticket                           THB 100
Bus Wat Pho - Khaosan Road     THB 12
Thai Massage (1/2 hour)              THB 120
Roti with indian curry                   THB 59
Tuktuk Phra Sumen Fort - Hostel THB 25 
Total                                            THB 996                               

CONVERSATION

0 comments:

Back
to top