sebelum besok

tiba-tiba kepikiran, tiba-tiba memaksa untuk berpikir kembali
tentang hari ini
tentang kemarin
tentang minggu lalu
dan tentang setahun ini

semuanya bicara tentang kesempatan
kesempatan yang datang
kesempatan yang pergi
kesempatan yang di depan mata namun berlalu begitu saja
kesempatan yang telah lalu
kesempatan yang akan datang
kesempatan yang orang lain dapatkan
kesempatan yang tidak gue dapatkan
kesempatan yang sia-sia

ketika gue gagal mendapatkan kesempatan, gue berpikir as simple as oh mungkin emang BUKAN buat gue,
gue percaya kesempatan nggak pernah salah alamat karena kesempatan itu udah ada jalannya dan sudah diatur sama yang punya kuasa. tapi sering gue berpikir kok yang dapet kesempatan juga nggak menganggap ini adalah sebuah kesempatan, gak buth-butuh amat dan memanfaatkan dengan baik. gue sering berpikir kalo gue yang dapet mungkin bisa akan lebih gue manfaatkan, atau simpelnya harusnya kesempatan itu buat gue karena gue yang lebih butuh. gue sadar sering kali kesempatan lewat depan mata gue karena gue cuma memandangi dan nggak bergerak apa-apa. nggak berani ambil resiko. takut ini takut itu. terus akhirnya cuma bisa ngiri dan nyesel ngeliat kesempatan itu udah diambil orang lain yang padahal harusnya gue mampu.

ketika gue ingin mendapatkan kesempatan, gue memberanikan diri untuk mengambil semua kesempatan yang ada dan asal ambil aja. dan ketika gue sudah mengambil kesempatan itu gue nggak nyaman sendiri dan nggak maksimal jadinya. gue harus menanggung resikonya yaitu merasakan ketidaknyamanan itu yang entah akan berubah atau nggak sama sekali. oke memang agak impulsif sih gue, tapi gue cuma nggak mau kehilangan kesempatan dan nyesel di belakang. jadi pilih terbebani di awal atau menyesal di akhir? sudah terlihatkan keposesifan gue? hehe

gue tidak memungkiri ada sangat banyak sekali kesempatan yang gue berhasil upayakan dan dapatkan selama setahun ini. dan gue sangat mensyukuri setiap detil kesempatan itu. kesempatan yang pernah gue dapat, kesempatan yang berlalu begitu saja, kesempatan yang udah gue coba tapi tetep gagal, apapun itu.

Gue tau semua adalah proses pembelajaran dan proses kehidupan dimana gue harus senantiasa bergerak dan berubah. gue akan terus belajar untuk selalu mengambil kesempatan apapun itu. minus ke-impulsif-an gue. belajar untuk mikir dulu setiap mau ngambil kesempatan.gue masih ingin melihat hasil akhirnya. mana yang lulus mana yang failed. gue akan masih terus mencoba. dan gue sudah siap menerima kesempatan baik lainnya dan gue siap untuk kecewa InsyaAllah. gue percaya kesempatan itu nggak akan salah alamat sama kayak rejeki. rejeki itu kesempatan, kesempatan itu sama dengan rejeki. gue percaya kesempatan itu akan benar didapat bagi yang membutuhkan bukan yang sekedar merasa sedang butuh. gue percaya kesempatan itu ada walaupun bukan cara dan waktu yang kita inginkan, tapi akan datang pada cara dan waktu yang tepat.

I can’t seem to find the way
I just know I’ll be okay
I don’t mind to wait longer
And I know I’ll be stronger

-Hum Away (Ost. Modus Anomali)


terimakasih untuk setahun ini,
dan gue siap untuk tahun berikutnya :)
-LoveLipes

CONVERSATION

0 comments:

Back
to top