Penang Day 2: Marking George Town

The more i traveled the more realized that fear makes strangers of people who should be friends
 Pagi-pagi kita udah bangun dan siap-siap karena hari ini rencananya kita bakal keliling George town. Gue yang dulu ngatain temen-temen gue yang jadi item garagara naik sepeda keliling penang, memutuskan untuk sepeda-han juga buat 'marking georgetown' karena menurut host gue, the best way keliling George town itu pake sepeda. Walaupun hari sabtu, host gue harus berangkat kerja jadinya nggak bisa nemenin keliling-keliling dan cuma nge-drop di terminal jetty (weld quay terminal) terus nunjukin dimana bisa nyewa sepeda. Gue dan Shata nyari sarapan dulu yang halal karena daerah situ merupakan daerah clan jetties yang mayoritas etnis Cina jadi agak susah cari yang halal. Kita akhirnya sarapan di tempat makan yang ada tulisan nasi lemaknya. gue pesen nasi lemak udang dan tea ice (teh tarik) seharga 3,10 ringgit dan Shata pesen nasi lemak ikan dan barley.

Terus kita sewa sepeda di Baiku-Eco seharga 10 ringgit sampe jam 9 malam udah dikasih kunci sepedanya juga jadi kalau kemana mana tinggal dikunci ke tiang aja. Pilihan sepedanya macem-macem banget mulai dari sepeda biasa, sepeda tandem sampe tricycle yang ada atepnya. kita bahkan boleh milih sepeda sendiri dan test-drive. Untuk kemudahan gue dan Shata pilih sepeda yang ada keranjangnya, karena banyak barang yang dibawa haha. Oya, jangan lupa foto tempat dan nama penyewaan nya ya, karena katanya abis keliling suka lupa kita sewa sepeda dimana dan di sepanjang jalan itu hampir semua tempat penyewaan sepeda.
first art mural di depan Chew Jetty
First stop, kita mengunjungi Chew Jetty salah satu perkampungan klan jetty di pinggir laut. Diceritain host gue, dulunya tempat itu terdiri dari satu klan yang tinggal dan kemudian beranak pinak jadi berbagai klan. Baru di depannya aja udah ada street art nya dan nggak ketinggalan foto-foto di setiap bangunan rumah. Uniknya rumah disini warna warni dan persis dibangun di atas laut jadi kayak semacam rumah panggung gitu yg bawahnya laut. Dari kejauhan udah tercium bau durian, gue jadi semangat dan menemukan kedai kecil yang menjual sus isi durian yang namanya TasteBetter, harganya 5 ringgit untuk 3 sus dan shata beli untuk berdua. rasanya sumpah enak banget kalah banget deh itu pancake duren. Rasa isi sus nya asli duren dan lembut dan dingin dan pokonya enak banget lah! puas keliling dan foto kita melanjutkan perjalanan.
The Legend of Durian Puff
Chew Jetty itu perkampungan nelayan jadi di ujungnya langsung terbentang lautan
Rumah-rumah di Chew Jetty unik karena berwarna-warni
Dimulai menyusuri Lebuh (Jalan) Acheh kita mulai berburu street art atau yang lebih hits dikenal dengan marking georgetown. George town sendiri dikenal sebagai salah satu Unesco World Heritage Site karena usahanya dalam merawat bangunanan-bangunan tua. ditambah sejak George Town Festival tahun 2012 mulai muncul mural atau street art di penjuru kota. Bermodalkan peta yang ngambil di bandara, spot-spot street art nya gampang banget ditemukan. Makanya jangan lupa ambil map Marking George Town ya karena lengkap banget.
Masjid Kapitan Keling
Melewati Little India, kita makan siang dulu di Restoran kapitan. Karena nggak begitu lapar gue cuma pesen teh tarik dan Shata beli Nasi Biryani Kambing yang disajikan di periuk gitu. Nasinya lucu panjang-panjang dan daging kambingnya super tebel dan banyak. Kenyang makan siang disana kitapun melanjutkan perjalanan. Nggak hanya street art aja wisata di georgetown juga terdapat masjid, temple, landmark, dan juga gereja yang bisa dikunjungi.
St. George Church Penang
Add caption
Kita sempet muter sampe ke Padang Kota Lama (The Esplanade) ke City Hall, Town Hall yang sayangnya lagi ditutp karena renovasi padahal foto disitu paling bagus dan kayak berasa lagi di Eropa. Nggak heran sih karena Penang sempat dijajah Inggris bukan hanya dari bangunanan bahkan nama jalananannya ada Lebuh Buckingham dan ada Queen Victoria Memorial Clock Towernya juga. Yang paling susah adalah masuk ke Fort Cornwallis karena nggak jelas pintu masuknya dimana setelah muterin bentengnya baru tau deh. Masuk Fort Cornwallis itu bayar 3 ringgit, karena nggak ada penjaganya kita main masuk aja baru di dalem ditagih tiket masuknya, ngerasa sayang ngeluarin duit kita akhirnya keluar dan cuma foto-foto di depan aja. Gue mikirnya akan sama kayak fort marlborough di bengkulu gitu haha. Saking panasnya kita mampir ke Fort Cornwallis Hawker Center dan menemukan secercah harapan bernama the famous Jalil special ais kachang dan Coconut Shake yang merupakan air kelapa dengan vanilla ice cream float. Rasanya hilang capek seharian.
Ais Kachang & Coconut Shake
Afternoon Bazaar at Lebuh Armenian
Salah satu vintage shop di Lebuh Armenian
Karena hari sudah semakin sore kita akhirnya pulang dan menyusuri lagi jalan-jalan yang kita lalui. Yang lucu waktu kita melewati Lebuh Armenian kita nggak boleh naik sepeda sama polisi sekitar karena jalanan tersebut ditutup karena ada bazaar. Jadilah kita dorong sepeda melewati jalan itu sekalian liat-liat bazaar. Yang dijual lucu-lucu banget dari asesoris sampe makanan. Yang paling menarik perhatian adalah yang jual cotton candy tapi bisa dibentuk kayak bunga atau lambang hati berwarna-warni. Terakhir kita mampir ke Pinang Peranakan Mansion yang sayangnya udah tutup. Kita pun nyari wifi yang tersebar di penjuru George town buat ngabarin host kita. Karena kita akan dijemput di QueensBay Mall kita naik bis 401E dari Jetty. Sampai Di QueensBay Mall kita nunggu di The Cofee Bean. Bener-bener baik banget deh host kita karena walaupun udah sampe rumah dia mau jemput kita lagi. Kita pun sempet makan malem di foodcourt. Shata beli asam laksa dan gue yang nggak punya duit cuma ngeliatin aja dan makan pop mie di rumah.

malem itu, kita nggak langsung tidur karena masih ngobrol panjang lebar sama host kita. Host kita sebenernya orang Kuala Lumpur yang kerja di Penang. Dia sendiri udah gabung di Couchsurfing udah lama, dia juga udah jadi host beberapa kali untuk orang Afrika, Brazil, Korea Selatan, pokonya macem-mcaem banget. Beruntungnya kita dapet host yang baik banget dan pinter banget. Kita ngobrol dari mulai Malaysia sampe Indonesia, dari mulai negara yang paling enak dikunjungi sampe kenapa Thailand nggak pernah dijajah asing, dari mulai sampe nyeritain travelng nya dia kemana aja sampe opini dia tentang kenapa Indonesia-malaysia berantem. Walaupun dia orang melayu tapi kami tetep ngobrol pake bahasa Inggris karena dia takut ada beda makna gitu. Dia sempet kuliah di Amerika dan kerja di Thailand jadi nggak heran Bahasa Inggrisnya bagus dan Lancar. Satu hal dari dia adalah dia ngomong dan jalan cepet banget, gue dan shata sampe ngos-ngosan kalo ngikutin dia jalan. dia orangnya well organized banget jadi dari hari pertama udah ditanya mau kemana aja dan ngasih tau harus kemana dan naik apa. Sebagai surfer kita harus ngikutin kegiatannya dia yang artinya keluar dan masuk rumah bersamaan karena kita nggak dikasih kunci. Terus kita (kalau tujuannya dan jadwalnya sama) bakal dianter sama dia naik mobil karena dia juga nggak begitu ngerti kalau harus naik bis.