Penang Day 3: Kek Lo Si Temple & Penang Hill

You do not travel if you are afraid of the unknown, you travel for the unknown, that reveals you with yourself -Ella Maillart
Penang from the top
Rencana kita hari itu adalah ke tempat yang jauh yaitu Kek Lo Si Temple dan Penang Hill atau Bukit Bendera. Karena host gue nggak jadi lari pagi jadinya dia mau nganter sekalian nyari sarapan. Dia ngajak gue dan shata untuk nyobain makanan khas India Banana leaf Rice. Setelah jalan sampe nyasar karena dia sendiri nggak tau tempat nya dimana akhirnya nemu juga tempat makan India di Lorong (jalan/gang yang lebih kecil dari lebuh) Lumut deket lebuh acheh dan lebuh armenian yang bahkan nggak ada plang namanya. Ini pertama kalinya gue makan Banana Leaf Rice. Jadi pertama duduk lo akan disajikan selembar daun pisang yang lebar banget terus dituang 3 macam sayur yang gue nggak tau isinya apa kayak tomat gitu sih dan juga 3 pilihan kari yaitu ikan, ayam, dan kepiting, setelah itu bahkan lo bisa minta kerupuk (daal) dan Yoghurt di nasinya dan itu semua hanya 10 ringgit. hmm sounds nice kan? uniknya disini lo bisa nambah sebanyak apapun untuk nasi, yoghurt sayur dan karinya. Rasanya unik banget dan asli India gitu bener-bener nggak pernah ngerasain hal ini sebelumnya. Disini air minum nya pun gratis dan kalau pesen air mineral bahkan dibukain sama pelayan nya.

Banana Leaf Rice
Setelah kenyang makan, kita jalan untuk nyari The Famous Road Penang Teochew Chendul yang rame banget di deket Chowrasta Market. saking ramenya kita sampe nebeng meja sama pasangan udah tua gitu ngajak ngobrol kita dan cerita baru ke Borobudur sebulan yang lalu. Gue pesen es cendol yang mirip es cendol di Jakarta tapi versi lebih panjang dan ada kacang merahnya. Seger banget sih melawan panasnya Penang siang itu. Dari sana kita berpisah sama host kita dan mampir ke Chowrasta Market yang banyak menjual pernak-pernik oleh-oleh. Setelah itu nyoba mampir ke Cheong Fatt Tze Mansion dan ternyata harus menunggu karena ada jadwal kunjungannya. Untuk masuk ke bangunan yang merupakan penginapan ada jadwalnya dan harus menunggu karena tidak terbuka untuk umum. Biaya masuk itu sudah termasuk guide selama satu jam dan tidak boleh foto-foto. Karena waktu terbatas kita akhirnya memutuskan untuk ke Kek Lo Si Temple. Kita menunggu CAT Shuttle Bus di Jalan penang untuk ke Komtar. Mampir ke Perangin Mall untuk nukerin uang karena uang gue semakin menipis. Dari Komtar kita naik rapid 201 bayar 2 ringgit dan turun agak jauh dari templenya. Kek Lo Si Temple berada di atas bukit jadi untuk naik pun butuh perjuangan naik ratusan tangga. Jalanan untuk naik ke temple bikin nggak terasa karena kanan-kiri banyak toko-toko yang menjual segala macem dari mulai makanan sampe baju buat oleh-oleh. Capek banget, tapi begitu sampai pemandangan dari atas bener-bener bagus banget! setiap spot bagus banget buat foto foto. Kita nggak sempet naik evalator yang miring untuk ke Patung Dewi Kuan Im karena, sekali lagi, mahal 6 ringgit untuk bolak balik dan cuma naik ke Pagoda karena hanya 2 ringgit. Disini ada wishing ribbon yang lucu banget warna-warnanya dan cuma 1 ringgit. Puas keliling dan foto-foto kita memutuskan untuk turun. Sayangnya toko-toko di  menuju ke bawah pada tutup tapi gue masih sempet beli kit-kat ice cream yang nggak ada di Jakarta hehe.
Setelah itu nanya orang-orang gimana cara ke Penang Hill yang ternyata bisa karena gue pikir akan jauh dari Kek lo si temple. Dari Bus Stop deket Kek Lo Si Tempel kita naik Rapid 204 dan turun pas di depan Penang Hill. Agak ketar-ketir karena tiket masuknya cukup mahal yaitu 30 ringgit, tapi mikir lagi agak sayang sih udah nyampe Penang tapi nggak nyobain naik funicular train yang jalannya bener-bener miring untuk sampai ke puncak. Sempet mikir apa pura-pura jadi warga malaysia aja ya biar tiketnya lebih murah, tapi ternyata oh ternyata gue bisa dapet tiket lebih murah kalau nunjukkin kartu pelajar dan gue berhasil beli tiket setengah harga yaitu 15 ringgit. Thank God, nggak jadi deh gue nungguin shata di depan pintu garagara gapunya duit hehe. Se-excited itu naik funicular train! begitu nyampe puncak, hawanya sejuk banget berasa kayak di puncak beda banget dari kota yang super panas. Dari puncak bukit bendera terlihat kota penang dari atas yang pasti breathtaking banget. Menurut, bapak penjaga di St George's Church waktu terbaik untuk ke Penang Hill adalah malam hari. Jadilah gue dan shata menunggu malam hari yang rencananya foto-foto abis itu langsung chao pulang. Sambil menunggu kita ngelilingin puncak penang hill ada owl museum dan juga ada love bridge tempat orang-orang ngegembok yang ada tulisan nama dan pasangan kayak di Seoul atau Paris.
Waktu di Penang adalah satu jam lebih cepat daripada di Jakarta, jadi untuk nunggu gelap harus nunggu sampe jam 8 malam karena jam 7 nya masih terang benderang. Udah cepet-cepet pun tetep aja keluarnya jam 9 malem. Karena malam terakhir nggak ada kesempatan lagi untuk ke Gurney Drive jadi malam itu juga kita ke Gurney Drive naik rapid 103 yang untungnya supirnya baik banget nunjukkin jalannya. Kita turun di Gurney Drive Plaza dan harus jalan untuk ke Gurney Drive Hawker Centernya. Berasa liat surga karena berbagai macam makanan ada disini. Suasananya hampir sama kayak Banzaan market di Patong, Thailand. Gue sama Shata nyobain Fried Oyster nya jadi kayak tiram goreng telur gitu dan beli Rujak Pasembur yaitu berbagai gorengan yang ada saus cocolannya yang enak banget. Abis itu lari-lari deh panik ngejar bis. Lucky us, kita masih dapet Bis terakhir yang bahkan langsung menuju Batu Ubhan. Dari bus stop Batu Ubhan ternyata deket banget sama kondo-nya host kita.

Begitu Sampe, Host kita lega karena kita berdua nggak jadi ilang karena nggak ngabarin dari siang dan bisa pulang dengan selamat sampe rumah. Malam itu akhirnya ditutup dengan makan rujak pasembur yang enak banget.