Akhirnya Alifah Fawzia (lulus) Sarjana Psikologi!

“There were nights when I was doubting myself, but you are kept my heart from
falling…where would I’ll be, if you didn’t believe” (Justin Bieber, Believe) 
It's been a while! 2015 udah masuk akhir agustus aja. nggak berasa ya? bohong deh. berasa banget lagi lambatnya waktu, apalagi kemaren pas lagi ngurusin skripsi. terus sekarang? I am officially a pengangguran Sarjana Psikologi.

Jadi, alasan gue ga update blog selama ini adalah sibuknya gue skripsian. Well, ga sesibuk itu sih tapi tetap bener-bener menguras segala waktu dan tenaga gue. Selama gue kuliah psikologi empat tahun ini, baru kali ini gue ngerasa nyerah dan berpikir nyesel masuk psikologi. lebay sih tapi seriusan. Kuliah psikologi itu menyenangkan. gimana nggak kalo yang lo pelajari ya diri lo juga. Gue juga nggak sepanik itu ketika menghadapi mata kuliah KAUP dan pelatihan yang konon momok paling menakutkan di psikologi UI. 

Dari sebelum memasuki tahun 2015, alhamdulillah gue udah punya kelompok payung skripsi dan pembimbing skripsi. Gue sebenernya jebe topik skripsi teh tuti dan silvia yang berkaitan dengan pendidikan, yaitu Self-efficacy penggunaan teknologi pada kegiatan belajar mengajar di sekolah yang kemudian di-amini oleh Mbak Ira dan Mba Wiwit selaku pembimbing skripsi gue. well, melalui proses yang sangat panjang sih untuk akhirnya untuk deal dengan topik ini. Berada di kelompok penelitian yang isinya mapres psiko dan finalis mapres merupakan pressure tersendiri buat gue yang super nggak ngerti apa-apa ini jadi makin anxious. Untungnya adalah membuat gue jadi lebih terpacu dan mengejar ketertinggalan yang ada. Gue yang tiap bimbingan paling banyak revisian harus belajar SPOK lagi. bimbingan pertama masih nggak papa, bimbingan kedua gue di-feedback hal yang sama. Disitu gue ngerasa useless banget kuliah 4 tahun. naik turunnya berasa banget dari yang mulai semangat ngerjain sampe takut ketemu dosen pembimbing hehe maaf ya, Mba. Untungnya gue punya pembimbing super baik dan sabar nya kebangetan. Mau menerima gue, mau baca skripsi gue, mau ngasih feedback, nggak bosen mengingatkan gue hal-hal yang gue abaikan, dan membimbing gue sampai akhir bener-bener definisi sabar menurut gue. Yang selalu senyum ngeliat gue ngapa ngapain aja wk

Februari, masih santai-santai aja bikin latar belakang, nyari alat ukur, bahkan gue sempet magang yang mengharuskan ke kantor 3 hari seminggu di sudirman. Sampai tiba-tiba di pertengahan bulan maret something big-the worst-one came up dan cukup membuat gue terpukul yang butuh beberapa minggu untuk recovery. Memasuki bulan april agak kelabakan karena alat ukur belum siap diadaptasi padahal udah harus try out. Pembimbing gue emang super nggak ngizinin gue melangkah maju kalo isi skripsi gue belom bener. emang dasarnya gue lambat dan ngebingungin kalau nulis jadilah waktu gue makin molor wk kayak blog gue gini kan bingung bacanya, yang nulis apa lagi. Untung aja ya nge blog nulisnya suka-suka gue gapake acuan APA. Makin diperparah dengan satu per satu temen-temen gue mulai sidang dan lulus. Bukan nambah semangat tapi makin tertekan melihat deadline yang semakin mendekat.

Proses pengambilan data pun gak semudah yang gue bayangkan. Karena gue mengambil jalan berbeda dengan teman-teman payung, gue akhirnya menggunakan konstruk sendiri dan sampel sendiri jadi ya beban sendiri semuanya dari adaptasi alat ukur sampe pengambilan data. Waktu berasa cepet banget apalagi gue udah kelewat deadline yang gue buat di awal bikin skripsi ditambah kondisi sekolah yang lagi UN dan ujian akhir semester jadi mesti pilih waktu yang pas ke sekolah-sekolah. Dari april sampe juni bener-bener berasa banget harus ngerjain skripsi sekaligus mesti pindah rumah dan ditinggal keluarga mudik jadi sendirian di rumah. Sampai akhirnya ngumpulin berkas siap sidang di tanggal terakhir deadline bahkan dapet tanggal sidang pun di akhir-akhir minggu sidang, tapi yang penting kan selesai ya. Hidup gue berubah jadi religius banget tetiba sholatnya rajin dan lama. Bener-bener setakut itu menghadapi sidang.
Tanggal 6 Juli 2015 pun akhirnya tiba juga. Malem sebelum sidang pun bahkan gue masih bisa dateng ke acara makan-makannya Dito lulus wk, hanamasa sih siapa yang nolak (loh). Dari pagi udah berasa deg-degan dan mual-mual menjelang berangkat ke kampus ditambah baju yang gue beli di online shop untuk sidang belum dateng juga makin pusing mau pake baju apa. Sebelum berangkat Mba Ira, pembimbing gue, sms gue nanya kesiapan untuk sidang makin-makin deh deg-degan nya. Nyampe depok gue sempet mampir Naomi Salon buat creambath biar makin relax sekalian kan jadi pas sidang rambut rapih hehe. Selama creambath pun bukannya jadi relax, tapi malah makin tegang. Gue dapet jadwal di hari terakhir jadwal sidang jadi banyak bgt yang udah lulus sidang dan akan di sidang di hari itu. rasanya pengen nggak ketemu orang-orang sampe lulus sidang. Rasanya lemes bgt begitu liat penguji dan pembimbing memasuki ruangan. rambut pun udah gak karuan padahal baru creambath (?) wk. Hampir 2 jam di dalem ruangan sidang, akhirnya gue dipersilahkan keluar untuk menunggu keputusan. di luar udah ada orang-orang makin mau nangis karena gue bener bener gabisa nebak gue akan lulus atau nggak. semuanya sih bilang 'tenang aja lulus kok lulus' YA IYALAH LU PADA TENANG UDAH PADA LULUS SEMUA!!! terus dipanggil masuk lagi ke dalem ruang mbak-mbak itu pada senyum-senyum doang sedangkan muka gue udah gatau ekspresi nya kayak apa. 'Berdasarkan hasil sidang...........udah ga denger lagi ketua penguji ngomong apa.........alifah fawzia dinyatakan lulus!' ALHAMDULILLAHIRABBILALAMINN! ALLAHU AKBAR! bener bener gue peluk semua mba-mba penguji dan pembimbing semuanya sama sekalian foto!! begitu keluar ruangan semuanya pada teriak dan ngasih selamat! Alhamdulillah puji syukur akhirnya gue lulus mengarungi empat tahun menimba ilmu di fakultas tercinta ini. setelah lulus bukan berarti hidup gue kemudian mulus tapi tetep harus menyelesaikan revisi yang super banyak hehe. 
Akhirnya seluruh perjuangan gue beserta high-and-lows nya di kampus perjuangan ini selesai. Sedih rasanya sekarang kalo ditanya nggak bisa jawab 'mahasiswa' atau 'anak ui' lagi :( Rasanya kayak mimpi sih bisa tiba-tiba masuk ui terus udah lulus gitu aja. TAPI NGGAK BENER-BENER TIBA-TIBA SIH! gila kali kalo bilang tiba-tiba, tiap ujian aja mau nangis jadi bener-bener masih suka gak percaya akhirnya bisa lulus beneran. Bersyukur banget sih rasanya gue selalu dipermudah  dalam apapun yang gue lakukan, alhamdulillah. 
Masih berasa banget histerisnya ketika baca kalau gue dinyatakan diterima SNMPTN Undangan di fakultas psikologi, Di-invite ke group tiba-tiba disuruh jadi ketua OKK bareng Nayaka, Rani, Ekky, dan Dito terus beneran niat bikin puisi terus ngekos bareng di kutek di kosan Bude dan Pakde yang kalo telat pulang alarmnya bunyi. Kenalan sama Nadya, Kirana, Sheila, dan Nana yang berujung punya ritual UI dari mulai keliling UI tanpa tujuan, ngocok dengan pilihan kantin se-UI ketika pilih tempat makan siang, selalu bikin video dengan harapan bisa jadi artis youtube dengan tagline 'Lo gabut? yuk cabut!', sampe rencana mau bagi-bagi minum buat yang lagi jogging di UI--walaupun belum kesampaian melaksanakan rencana ini. Hampir ga lulus matkul gara-gara gue ke Hong kong di tengah-tengah UAS yang berujung gue harus ngurus sana sini biar bisa susulan. Satu hal yang gue pelajari, ternyata susulan ujian di kuliah gak kayak di SMA, guys! Ditolak RTC di tahun pertama terus tau-tau jadi Head of Creative and Production RTC dengan kapasitas gue yang sangat nggak kreatif ini wk. Akhirnya hasil penantian gue selama ini menunggu Patas AC 84 yang tidak pasti setiap harinya membuahkan hasil ya. Tanpa kamu  aku nggak mungkin bisa jadi sarjana yang sabarnya kayak gini :”)

Sebenenya udah nulis di kata pengantar skripsi sih, kalo kalian nggak sempet baca gue cuma mau bilang makasih banget buat kalian yang mengisi kehidupan perkuliahan gue empat tahun ini. Terima kasih sudah mau dan bertahan untuk jadi temen gue yang terlalu nggak jelas ini. Gue tahu emang nggak ada pilihan tapi beneran….terima kasih ya! Thank you for always being there even at my worst. Wk has been my fav quote that can sums all up. Sorry kalo diulang-ulang tapi ini bener bener quotes yang paling pas dan favorit gue
Kir, makasih untuk selalu meng-encourage gue untuk break my shell, keluar, menghadapi dunia. Nady, makasih sudah membuang waktu bersama dan dimana pun kita berada gue selalu ngerasa aman kalo sama lo wkkwkwk . Na, apa jadinya hari-hari gue yang sepi nan garing ini kalo nggak ada lo dengan jokes jokes yang at least lo sudah berusaha na. Shei, thank you for every-your-ucapan-yang-harsh-but-true. Terimakasih kalian untuk selalu mengingatkan gue untuk tidak meng-avoid segala sesuatu yang di depan gue hehe. Like frankie said on Monster High ‘I would’ve been lost if I hadn’t met you guys’ Pokonya untuk lebih lengkapnya tunggu love letter dari gue ya sister-sister!
Lunas ya janji gue naro kalian di post blog gue yang nggak ada yang baca ini wk.
Nay, Ran, Ky, To, makasih ya kalian menginvite gue ketika OKK dan menyertakan ke kehidupan kalian sampe saat ini wk basi dikit maaf. Tempat mengeluh dari jaman ospek yang ribet, kuliah yang susah, skripsi yang nggak kelar-kelar, galau belum dapet kerja sampe pada udah kerja pun tetep aja saling ngeluh wk. terima kasih telah membuat gue merasa paling waras di antara ketidak warasan chat kalian L 

Kakak, teman, dan adik kolega RTC juga gen muda yang memberikan kesempatan untuk memberikan pride yang berharga, jadi anak RTC. Terima kasih RTC yang selalu jadi alasan untuk selalu mampir ke teknik sambil lirik kanan kiri ataupun nongkrong di kantek tanpa tujuan. dua tahun nggak cukup ya ternyata. I learned a lot in the place that we call home ini.

Untuk Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, Terima kasih untuk keajaiban yang membuat gue untuk berada di sana menimba dan menikmati segala yang ada. I’m very honored and proud that I’m one of the alumnus.

Bener-bener nggak ada kata selain Alhamdulillah banget nggak sih?
Yang jelas kedepannya agak lebih berat dengan menyandang nama baru, Alifah Fawzia, S.Psi. Nama yang waktu SMA Cuma bisa gue tulis di buku beneran bisa jadi nama official. Life is pretty amazing isn't it?

Berat banget kayanya. Semoga ilmu ini bisa terus bermanfaat buat diri gue, keluarga, dan tentunya masyarakat. 
Alhamdulillah, Semoga gue juga bisa terus menjadi alasan untuk orang lain tersenyum :')
Cheers for our future!
-LoveLipes

CONVERSATION

2 comments:

Arvidyani Anindita said...

wah lipes akhirnya ngepost lagi!

Lipes♡ said...

Hai Dydy! wk jadi malu. ku menanti post-an baru mu juga!

Back
to top