Thailand Trip: The Plan and The Departure Bangkok Day 1

"You don't need magic to disappear, all you need is a destination"
Sawasdee Khaa

Finally, for the very first time, akhirnya passport gue terpakai!
udah terlalu muak gue ikut kuis ini itu yg hadiahnya ke luar negeri tapi selalu gagal, ditambah temen-temen gue tahun lalu bisa 2 sampe 3 kali ke luar negeri gratis jadi daripada bikin mupeng dan berakhir bete mending gue berangkat sendiri haha. jadi ketika temen gue, shata, ngajak gue ke thailand, dengan impulsifnya gue iyakan. yang gue tau adalah gue ada uang hasil jual laptop ke nyokap yang rencananya buat beli laptop baru yang lebih kecil dan sisanya buat ke singapore menjadi semuanya gue alokasikan ke Thailand.
Trip ini sudah direncanakan sejak berbulan-bulan sebelumnya bersama temen-temen SMP gue: Shata, Rerek dan Pebra. Mulai tiket pesawat, booking hostel, itenerary, semua-muanya udah mereka urus gue tinggal ikut aja dan bayar kemudian haha. Kita mulai berburu tiket pesawat dan dapet tiket yang sebenernya nggak murah-murah amat dibandingkan tiket promo tapi masih lebih murah dibandingkan harga normal.
Basic Expense:
Airport Tax  Rp. 150.000
Total Rp. 3.827.500
January 14, 2013
Dengan segala ke-drama-an menjelang keberangkatan akhirnya gue berangkat dengan membawa uang 2.000 Baht karena pada saat gue nukerin kursnya mahal banget jadi bokap gue menyarankan untuk ambil uang tarik tunai aja melalui ATM di Bangkok. Kita berangkat dari terminal 3 Soekarno-Hatta International Airport terbang menuju Don Mueang International Airport. Sayangnya Air Asia nggak mendarat di Bandara Suvarnabhumi yang katanya keren banget, Bandara Don Mueang ini second airport gitu jadi lebih kecil dan nggak terlalu bagus. Keluar airport nggak berasa di luar negeri sama sekali berasa kayak di jakarta aja gitu.
Kemudian kita menuju ke hostel yang menurut petunjuk dari orang hostel bisa naik bus dari bus stop yang ternyata ada di depan bandara. Dengan sotoy-nya kita naik bis 29 dan dengan mengandalkan cue card tulisan thai MBK (Mahboonkrong) yang diperlihatkan ke kondektur nya dan ngasih kita karcis seharga THB 20. Di Thailand kondekturnya rapih banget pake seragam, selalu pake masker dan biasanya bawa tabung kecil serbaguna buat nyimpen uang koin, nyimpen karcis, dan buat ngelipet uang kertas yang kemudian disisipkan di sela-sela jari kondekturnya. Mulai panik karena nggak nyampe-nyampe, shata nyoba nanya cewek disebelah gue dimana MBK dan dia cuma jawab so far away dengan aksen thailand. Walaupun tadi pas ditanya kondekturnya diem aja tapi begitu udah mau nyampe MBK kita dikasih tanda untuk turun.
MBK (Mahboonkrong)
Karena udah kelaperan dan belum waktunya check in, kita cari makan dulu dengan membawa ransel seberat dosa ke dalem MBK. Hampir putus asa nggak menemukan food court, kita berniat makan pepperlunch yang which is mahal banget. tapi karena tetep maksa cari yang murah kita akhirnya menemukan food court dan murah! gue dan shata keliling untuk cari makanan halal dan sebahagia itu menemukan stand yang bertuliskan Muslim Food. gue langsung pesen Chicken Curry with Yellow Rice seharga THB 45 alias Rp.16.200 aja! dan baru sekali itu gue makan tanpa merasa berdosa haha. Jadi kalo di food court MBK itu sistemnya menggunakan kupon yang bisa di-refund juga kalau kelebihan. Setiap standnya pasti disediakan sendok dan garpu yang disampingnya ada air mendidih, jadi abis ambil sendok garpu langsung dicelupin ke air panas itu biar higienis. Selain itu selalu ada 4 mangkok besar berisi saus cuka yang gue gatau pasti itu apa isinya yang semacam sambal bangkok gitulah sama ada juga bubuk cabe jadi bisa berkreasi sendiri lah. Abis itu sempet nyobain Singkong Thailand yang enak banget!
Lub D Hostel - Siam Square
Kenyang makan  kita menuju hostel Lub D yang strategis banget persis di depan BTS National Stadium, di seberang MBK, di samping BACC Bangkok Art and Culture Center dan hotel Mercure, dan deket banget sama Siam Discovery, Siam Square, Siam Center, dan Siam Paragon. Yang bikin kerena adalah semuanya terhubung pada sebuah jembatan yang melintasi semuanya jadi gampang banget tinggal jalan kaki. Hostel Lub D yang udah gue kepo dari websitenya emang desainnya keren banget dan sesuai dengan web. Lebih mirip boutique hotel daripada hostel yang identik dengan kesan jorok dan horor. Host/staff-nya pun masih muda dan informatif banget kalo kita nanya apa-apa. Bahkan dari sebelum nyampe mereka udah ngasih info transportasi dari airport ke hostel beserta tulisan alamat dalam huruf Thai. Sistem keamanannya udah pake kartu kayak di hotel. Kita udah booking Mixed dorm yang terletak di lantai 3 untuk nginep 2 hari. Kamarnya walaupun sempit terdiri dari 4 bunk bed (tempat tidur susun) yang setiap bed nya ada tempat ngecharge, lampu tidur, bantal dan selimut. After all, harganya juga nggak terlalu mahal yaitu THB 550/malam. Kamar mandinya walaupun shared bathroom tapi bersih banget kayak kamar mandi di Mall. cuma klosetnya nggak ada air jadi siap-siap tisu basah, tisu kering dan botol. Showernya ada banyak dan selalu kering terus disediakan sabun cair dan shampoo. bahkan di meja rias nya lengkap banget dari mulai mousse rambut, sunblock, hairspray, shampoo, bahkan hair dryer. Ada Movie Room, Laundry Room juga terus ada mesin-mesin washing powder, sanitary pad dan kondom. lengkap banget deh pokonya! Jadi kalo lo ke Bangkok, i suggest you to stay at Lub D Hostel, highly reccomended!
Siam Discovery & Siam Center
Sorenya kita jalan-jalan ke luar ke tempat-tempat terdekat sekitar hostel. Keluar hostel ada yang jual thai tea langsung lah kita cobain minum Thai Tea di Thailand, gue sama shata beli milk green tea dan rerek beli Iced Thai Tea seharga THB 18 saja. abis itu jalan ke siam discovery menuju Madame Tussauds tapi karena keuangan gue terbatas, gue hanya foto di patung lilin di depan madame tussauds yang entah siapa itu. abis itu kita mampir ke stationary store Loft yang sumpah lucu lucu banget dan sayang banget gue cuma beli notebook seharga THB 85 padahal murah kan! cek websitenya loft deh lucu-lucu banget gak kuat :(

Siam Square
Tempatnya terdiri daari blok-blok yang kanan kirinya toko-toko kebanyakan local designer kreatif gitu jadi barang-barangnya lucu-lucu dan iman gue bener-bener diuji disana, apa-apa murah banget. mostly, baju-bajunya model korea gitu lucu-lucu sih tapi kata shata mending beli di platinum aja jadilah gue menahan untuk beli ini itu dan akhirnya gue cuma beli anting 6 pasang seharga 100 Baht! murah banget kan?

National Stadium
Tadinya pengen ke Suan Lum Night Market dan menemukan di peta ternyata deketdari hostel, jadilah kita dengan pedenya ngikutin yang di peta menyusuri National Stadium dan setalah jalan jauh banget barulah kita sadar kalo yg di peta adalah Jalan Suan Luang dan Suan Lum Night market itu ada di deket Lumphini Park. Buat yang nyari jersey, ada tuh pusatnya di deket National Stadium belok kiri ada toko-toko ngejual jersey berjejer. Karena udah capek juga kita memutuskan naik tuktuk balik ke hostel yang sebenernya deket banget ke hostel.

Siam Paragon
Balik ke hostel, kita jalan lagi ke Siam Paragon cari makan. Siam paragon kayanya sih high end mall gitu sejenis sama Grand Indonesia yang pastinya mahal-mahal. Kita juga nggak menemukan food court kayak di MBK akhirnya makan di Mos Burger dan make sure kalo pesenan kita itu beef bukan pork. Selesai makan kita menyusurin lagi kawasan siam dari siam paragon, siam center yang interior desainnya lebih keren kreatif gitu, terus diluarnya ada air mancur menari dan lampu-lampu khas natal yang masih ada. abis itu masuk ke siam discovery lagi dan jalan kaki ke hostel sempet mampir ke 7eleven buat beli air minum dan beli kayak sate ayam di pinggir jalan gitu yang beneran enak banget!
Expenses of the day:
Total                                     THB 836

CONVERSATION

idcaa said...

waa seru bgt yak di sana, jadi pgn kesana .katanya sih emang murah2 bgt, yg gila belanja lebih recommand ke thailand drpd singapure ..

aku tunggu ya cerita day 2 dan seterusnya :)